Mencangkok Pohon Jambu- Projek I.2013 Biology

Latar Bèlakang

Cangkok adalah cara perkembangbiakan pada tumbuhan dengan menanam batang atau dahan yang diusahakan berakar terlebih dahulu sebelum di potong dan di tanam di tempat lain. Tidak semua tumbuhan bisa di cangkok. Tumbuhan yang bisa di cangkok hanyalah tumbuhan dikotil dan tumbuhan biji terbuka. Cara perkembang biakan dengan mencangkok adalah sangat istimewa terutama untuk buah-buahan. Karena rasa dan bentuk buah yang dihasilkan biasanya akan sama persis dengan induknya. Berbeda jika perkembangbiakan di lakukan dengan menanam biji, terkadang tanaman yang dihasilkan tidak sama dengan kriteria yang dimiliki oleh induknya.

Kami di suruh oleh Guru Biology kami, Ms Ain, untuk melakukan praktek mencangkok. Bagi siswa yang tidak memiliki pohon untuk dicangkok, kami disarankan ntuk bekerjasama dengan siswa yang ada pohon untuk dicangkok. Laporan tentang pohon cangkok akan diupdate sekali dalam seminggu dalam sebulan penuh, berarti kami harus membuat sekitar 4 laporan.

Alat dan Bahan serta Cara

Alat dan bahan yang diperlukan pada saat mencangkok:

  1. Pohon yang akan di cangkok mis: pohon mangga, pohon jambu
  2. Media tanam seperti: tanah gembur, sekam
  3. Air
  4. Cutter/ Pisau yang tajam
  5. Plastik
  6. Tali rafia

Cara mencangkok sebenarnya sangat mudah dan disarankan untuk dilakukan pada musim hujan, sehingga tidak perlu capek menyiram. Berikut ini adalah langkah-langkah mencangkok:

  • Dahan yang akan dicangkok di lukai lebih dahulu dengan cara dikelupas kulitnya secara melingkar dengan lebar kira-kira 5 cm
  • Lapisan lendir pada kayu (kambium) dibersihkan dengan mengikis atau mengerok
  • Luka yang dibuat kemudian ditutup dengan tanah basah dan dibalut dengan sabut kelapa
  • Jaga kelembabannya dengan menyiram sabut kelapa secara teratur
  • Setelah akarnya tumbuh baru dahan dapat di potong dan ditanam di tempat yang di inginkan.index

Diary Si Cangkokan

    Minggu Pertama

Kami membuat cangkokan kami tepat pada tanggal 18 January 2013. bahan-bahan yang dibutuhkan sudah tertera pada halaman di depan. Cara membuatnya sudah mengikuti prosedur.

mail.google.com2

Minggu Kedua

Menginjak minggu kedua, tepatnya tanggal 26 January 2013, saya dan Dethasya melakukan pengamatan kedua. Dan tidak ada perubahan sema sekali. Hanya beberapa bagian plastik yang menyelimuti tanah mulai koyak, akibat hujan yang mengguyur dengan deras.

Minggu Ketiga

Kami terkadang lupa menyiram cangkokan kami ini. Mungkin karena itu tidak terjadi perubahan sedikitpun. Tidak ada akar kecil yang keluar dari lubang-lubang polybag. Selain itu saya juga membaca artikel tentang mencangkok. Disana, dikatakan bahwa mencangkok itu membtuhkan waktu sekitar 2 bulan. Padahal dalam praktek ini, masih berjalan selama tiga minggu

Minggu Keempat

Sudah bisa dipastikan, sma seperti laporan pada minggu-minggu sebelumnya, tidak ada perubahan!

Tidak ada akar kecil di sekeliling polybag itu.

Pembahasan dan Kesimpulan

Pada praktek mencagkok ini, kami gagal melaksanakannya. Kami sering lupa untuk menyiram tanaman tersebut.
Selain itu, mungkin karena salah pada prosedur. Karena ini merupakan pertama kali kami mencangkok. Sebelumnya pernah di samping sekolah. Kami mencangkok pohon mangga. Yang banyak semutnya, karena itu kami melaksanakannya dengan buru-buru.
Selain dari alasan diatas, bisa juga bermasalah pada pohonnya. Karena pohon yang kami cangkok sudah tidak bisa berbuah, dan batangnya sangat kecil.

Hal yang dapat saya pelajari dari praktek ini, bukan hanya cara mencangkok, tetapi juga tentang hal kedisiplinan, ketekunan dan kerja keras.
Kami jarang menyiram, masuk kedalam kedisiplinan dan ketekunan, jika kami rajin dan dengan teratur menyiram, mungkin saja cangkokan ini aka berhasi!!

Berbeda dengan kerja keras, seandainya saya lebih giat mencari tau informasi tentang cara mencangkok yang benar, cangkokan ini bisa berhasil. Tetapi saya mencari tau hanya sekali, dan itu tidak cukup.Untuk yang ingin mencoba mencangkok, ingat ketiga hal ini: kedisiplinan, ketekunan dan kerja keras! Semoga berhasil J

Gambar cangkokan setelah 4 minggu:

minggu1

Daftar Pustaka

Defini mencangkok:

http://www.kamusq.com/2012/08/cangkok-cara-mencangkok-pengertian-dan.html

 

Alat dan Bahan untuk Mencagkok:

http://cuatcuitseputartanaman.wordpress.com/2012/08/29/16/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s