Solusi Menangani Masalah Pengangguran

Definisi :

Pengangguran adalah orang yang masuk dalam angkatan kerja (15 sampai 64 tahun) yang sedang mencari pekerjaan dan belum mendapatkannya. Orang yang tidak sedang mencari kerja contohnya seperti ibu rumah tangga, siswa sekolan smp, sma, mahasiswa perguruan tinggi, dan lain sebagainya yang karena sesuatu hal tidak/belum membutuhkan pekerjaan.

Pengangguran atau tuna karya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali, sedang mencari kerja, bekerja kurang dari dua hari selama seminggu, atau seseorang yang sedang berusaha mendapatkan pekerjaan yang layak. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada yang mampu menyerapnya. Pengangguran seringkali menjadi masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat akan berkurang sehingga dapat menyebabkan timbulnyakemiskinan dan masalah-masalah sosial lainnya.

Sebab-sebab terjadinya pengangguran terutama disebabkan oleh hal-hal sebagai berikut:

1. Angkatan kerja yang terus meningkat jumlahnya dan pertumbuhan kesempatan kerja tidak seimbang dengan pertumbuhan angkatan kerja.
2. Angkatan kerja yang sedang mencari kerja tidak dapat memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta oleh dunia kerja.

Dampak pengangguran terhadap Individu yang Meng-alaminya dan Masyarakat
Berikut ini merupakan dampak negatif pengangguran terhadap individu yang mengalaminya dan terhadap masyarakat pada umumnya:

  1. Dampak Pengangguran Terhadap Individu yang Mengalaminya danMasyarakatBerikut ini merupakan dampak negatif pengangguran terhadap individu yangmengalaminya dan terhadap masyarakat pada umumnya:
  • Pengangguran dapat menghilangkan mata pencaharian

pengangguran_by_ksatria_malam3

Sebab:

Pengangguran menyebabkan masyarakat tidak dapat memaksimumkan kesejahtraan yang mungkin di capai.

Saran :

Pemerintah dapat melaksanakan program sistem padat karya yang memungkinkan para pengangguran mengisi waktunya dan dapat menghasilkan uang dari hasil penjualan, sehingga dapat menutupi masalah ekonominya.

  • Pengangguran dapat meningkatkan angka kriminalitas
    kriminalitas

Sebab : Tidak adanya pekerjaan berarti tidak ada uang untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Sehingga untuk itu, sebagian orang melakukan kriminalitas agar mendapatkan sesuap nasi. Dengan makin banyaknya para pengangguran, berarti semakin tinggi juga angka kriminalitas.

Saran :Menanamkan nilai – nilai positif kepada orang-orang, seperti mengajari mereka bekerja keras, dan kreatif, agar suatu hari nanti mereka tidak kesusahan dan tidak melakukan tindak kejahatan.

  • Pengangguran menyebabkan banyak anak-anak putus sekolah

putus sekolah 3

Sebab : Orang tua yang menganggur pastinya tidak dapat mencukupi keuangan keluarga mereka, seperti listrik, belanja sehari-hari dan terutama jika memiliki anak. Anak-anak ini perlu disekolahkan, namun karna keterbatasan uang, anak-anak ini terpasa bekerja (contoh : mengamen) untuk membantu orang tua mereka.
Saran : Kepada orang tua mereka, disarankan mengikuti program padat kaya. Dan untuk anak-anak, sekiranya pemerintah mengadakan program sekolah gratis.
  • Pengangguran menyebabkan kemiskinan

kemiskinan

Sebab Mereka tidak bekerja sehingga mereka tidak mampu memenuhi kebutuhan mereka, khusunya kebutuhan primer, yakni:  makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal.

Saran : Untuk menutupi kemiskinan, sebaiknya dilakukan perluasan kesempatan kerja dengan cara mendirikan industri-industri baru, terutama yang bersifat padat karya.

  • Pendidikan yang Rendah

pendidikan-21

Sebab : Banyak anak-anak putus sekola, ini mengakibatkan anak-anak tersebut memeliki tingkat pendidikan yang rendah atau mereka bahkan sama sekali tidak bersekolah. Ini dapat berakibat ke masa depan mereka.

Saran: Pemerintah dapat mengadakan program sekolah gratis, untuk orang yang sudah mampu bekerja dapat diadakan program padat kaya.

One thought on “Solusi Menangani Masalah Pengangguran

  1. Penjelasan tentang dampak pengangguran terhadap masalah-masalah sosial yang dibuat sangat bagus. Mudah-mudahan saran yang diberikan bisa dipertimbangkan oleh pemerintah kita yang membaca blog ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s